.

.
.

December 12, 2011

Membangun Wirausahawan Sejak Dini


 WORKSHOP SINGKAT UNTUK  CALON WIRAUSAHAWAN KECIL

Lokasi: Komplek Perumahan Taman Puspa Depok
Tanggal : 2 - 3 Juli 2011
Narasumber : Ibu Tinug Nugraheni
Sponsor : SoufinaKreasindo 
                http://soufinakreasindo.blogspot.com

 

Wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti.
Sikap pemberani ini sangat besar artinya bila diterapkan dan ditanamkan sejak dini. Anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan memiliki mental yang kuat ketika mereka kuat menghadapi suatu resiko, tanpa harus tergantung kepada orang lain.
Kain Flanel merupakan  sejenis kain tebal dan kaku . Kain yang berwarna warni ini sangat cocok untuk dibuat berbagai jenis kreasi  asesoris. Aneka hiasan dan boneka , gelang kain, penjepit rambut, tas kain  dan lain-lain dapat dibentuk dari kain flanel yang berwarna warni menjadi hiasan yang cukup unik, lucu dan menarik perhatian. Kain flanel  sangat mudah dikreasikan dengan tehnik lem   menjadi suatu bentuk hiasan tangan ( handmade)  terutama untuk anak-anak usia 5 – 10 tahun. Tehnik lem sangat mudah untuk diterapkan pada usia mereka.
Kreasi dari kain flanel inilah pada akhirnya menjadi salah satu pilihan dalam tema untuk workshop anak-anak dalam upaya mengenalkan upaya wirausahawan kecil di Komplek Perumahan Taman Puspa, Depok.

KEGIATAN WORKSHOP ANAK-ANAK DI KOMPLEK PERUMAHAN TAMAN PUSPA
           

Kegiatan workshop anak – anak diadakan di sela-sela liburan anak-anak sekolah yaitu tanggal 2 – 3 Juli 2011. Momen ini sangat efektif sekali  karena anak-anak dapat menyalurkan hobinya di bidang ketrampilan dan melatih diri menjadi wirausahawan.
            Tema yang dipilih oleh Narasumber adalah ” Berwirausaha Sejak Dini : Kreasi  Kain Flanel ”.  Tehnik pelaksanaan workshop meliputi:
1.     Para peserta diminta untuk mendaftarkan terlebih dahulu dan memilih Paket yang telah disediakan selama 2 hari.
2.     Bahan –bahan tiap paket dipilih sesuai keingingan peserta, biaya pembelian bahan hanya @ Rp 5.000.
3.     Para peserta kemudian menempatkan diri dan menyiapkan bahan-bahan untuk pembuatan hiasan dari kain flanel.
4.     Paket hari pertama adalah membuat hiasan rambut tehnik gulung dan lem.
5.     Paket hari kedua adalah membuat kipas dari kain flanel dengan tema Kipas strawberry.
6.      Setelah selesai workshop, hasil pekerjaan anak-anak dibawa pulang masing – masing.
 
 
 Berikut beberapa contoh hasil kreasi anak-anak selama mengikuti workshop: 

 Sumber: foto pribadi (SoufinaKreasindo)


Selama mengikuti workshop , anak – anak sangat senang dan menikmati setiap step dalam pembuatan kreasi flanel ini. Narasumber berusaha membuat suasana workshop  menjadi  sangat menyenangkan. Anak – anak dibebaskan menentukan warna flanel yang mereka sukai.  Mereka sangat antusias sekali dan bangga sekali dengan hasil karya mereka sendiri.
Narasumber menyarankan agar anak-anak tetap berkreasi walaupun sudah selesai mengikuti workshop. Narasumber juga menyarankan agar anak –anak berani untuk berwirausaha dan menjelaskan beberapa trik berwirausaha untuk usia anak-anak. Anak-anak sangat tertarik dan akan segera mencoba melanjutkan berwirausaha di sekolahnya maupun dilingkungan sekitar rumahnya.
Narasumber kemudian menutup acara workshop dan tetap memberikan semangat kepada anak – anak untuk selalu kreatif dan memiliki jiwa kewirausahaan.

0 komentar:

Comment

My GROUP

My  GROUP
.

.